Rabu, 22 Agustus 2012

QUANTUM TELEPORTER (PENGIRIMAN REPLIKA BENDA/MANUSIA MELALUI MEDIA ONLINE)


QUANTUM TELEPORTER (PENGIRIMAN REPLIKA BENDA/MANUSIA MELALUI MEDIA ONLINE)
Sejak roda ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu, orang telah menemukan cara baru untuk melakukan perjalanan lebih cepat dari satu titik ke titik lain.  Kereta, sepeda, mobil, pesawat dan rocket semuanya telah diciptakan untuk mengurangi jumlah waktu yang kita habiskan sampai ke tujuan yang kita inginkan. Namun masing-masing bentuk transportasi berbagi cacat yang sama: Mereka membutuhkan kita untuk melintasi jarak fisik, yang bisa berlangsung dari menit ke berjam-jam tergantung pada titik awal dan akhir.

Tapi bagaimana jika ada cara untuk mendapatkan Anda dari rumah ke supermarket tanpa harus menggunakan mobil Anda, atau dari halaman belakang Anda ke Stasiun Luar Angkasa Internasional tanpa harus menggunakan pesawat luar angkasa? Ada ilmuwan yang bekerja sekarang di suatu metode perjalanan, menggabungkan sifat-sifat telekomunikasi dan transportasi untuk mencapai suatu sistem yang disebut teleportasi. Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang percobaan yang telah benar-benar dicapai teleportasi dengan foton, dan bagaimana kita mungkin dapat menggunakan teleportasi untuk perjalanan di mana saja, kapan saja.

Teleportasi melibatkan dematerialisasi suatu objek pada satu titik, dan mengirim detail konfigurasi atom yang tepat objek ke lokasi lain, di mana ia akan direkonstruksi. Apa artinya ini adalah bahwa waktu dan ruang bisa dihilangkan dari perjalanan - kita bisa diangkut ke lokasi manapun langsung, tanpa melintasi jarak fisik.
Banyak dari kita diperkenalkan dengan ide teleportasi, dan teknologi futuristik lainnya, oleh seri singkat televisi Star Trek (1966-1969) berdasarkan cerita yang ditulis oleh Gene Roddenberry. Pemirsa menyaksikan dengan takjub sebagai Kapten Kirk, Spock, Dr McCoy dan lainnya berseri-seri ke planet yang mereka temui di perjalanan mereka melalui alam semesta.


Pada tahun 1993, gagasan teleportasi pindah dari ranah fiksi ilmiah dan ke dunia kemungkinan teoretis. Saat itulah fisikawan Charles Bennett dan tim peneliti di IBM menegaskan bahwa teleportasi kuantum adalah mungkin, tapi hanya jika objek asli yang teleport hancur. Ini wahyu, pertama kali diumumkan oleh Bennett pada pertemuan tahunan American Physical Society di Maret 1993, diikuti oleh laporan temuannya dalam edisi 1.993 29 Maret Physical Review Letters. Sejak saat itu, eksperimen menggunakan foton telah membuktikan bahwa teleportasi kuantum sebenarnya mungkin.



Q-Teleportation telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. “Kami bisa melakukan ekesperimen quantum teleportation untuk pertama kalinya di luar laboratorium universitas,” kata Rupert Ursin, peneliti Institute if Experimental Physics, Universitas Vienna, Austria. Pada Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena itu, Q-Teleportation tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini “menciptakan” replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan “menghilang” selama replikanya diciptakan.
sumber: National Geographic.
Referensi : http://science.howstuffworks.com/science-vs-myth/everyday-myths/teleportation.htm

Tidak ada komentar: